5 Masalah Keuangan Quarter Life Crisis

Memasuki usia 25 tahun, biasanya kita dihadapkan oleh berbagai kebingungan tentang hidup. Istilah ini kerap disebut Quarter Life Crisis. Buat siapapun yang sudah memasuki quarter life crisis, memang terjadi banyak kebimbangan terutama dalam menentukan tujuan hidup termasuk dalam hal keuangan.

Quarter Life Crisis memang erat kaitannya dengan proses pendewasaan. Usia tidak selalu berbanding lurus dengan kedewasaan seseorang. Seseorang dengan usia yang lebih tua tidak selalu lebih dewasa daripada mereka yang lebih muda. Kehidupan yang dijalani oleh seseorang merupakan suatu hal yang dapat menentukan tingkat kedewasaannya.

Timbulnya Quarter Life Crisis ini disebabkan oleh pengaruh lingkungan sekitar yang kemudian mendorong diri sendiri untuk terus-menerus memikirkan hal-hal dalam hidup. Pengaruh lingkungan tersebut akhirnya membuat diri kita terktekan dan bingung sebenarnya mana yang benar dan tepat untuk dijalani.

Tekanan-tekanan tersebut bisa berupa pertanyaan-pertanyaan omong kosong yang dianggap ringan oleh sebagian orang, seperti “kapan wisuda? Kerja dimana? Kapan nikah? Usia segini kok belum mapan?” sebenarnya justru yang paling banyak memberatkan pikiran seseorang.

Nah pada artikel ini, kita akan membahas apa saja hal-hal yang sering dikhawatirkan ketika mengalami life crisis quarter.

Kapan Nikah?

Image result for married"

Kegelisahan pertama yang sering dihadapi adalah pertanyaan kapan nikah. Usia 25 tahun dirasa sudah menjadi u1mur yang matang untuk memulai kehidupan baru dengan pasangan. Fase ini sering menjadi dilema bagi mereka yang belum punya pasangan, ataupun yang sudah punya pasangan tapi tidak tahu arahnya mau kemana.

Biasanya pada tahap ini mereka akan cenderung mencari pasangan yang serius. Tidak lagi dihitung berapa lama pacaran, tapi juga keseriusan dalam membina rumah tangga. Padahal masalah akan muncul lagi, jika sudah ingin menikah, sudahkah siap finansialnya?

Kapan Mapan?

Image result for rich people"

Selain soal asmara, kegundahan akan muncul pada mereka yang sedang berjuang untuk berkarir. Sudahkah kita dianggap mapan? Apa saja yang sudah mampu kita dapatkan di usia 25 tahun? Pertanyaan-pertanyaan semacam itu akan sering terdengar ketika sedang berkumpul dengan rekan sejawat.

Biasanya pada tahap ini, kita sudah membicarakan investasi jangka panjang. Pertanyaannya, apakah di usia 25 kita sudah mapan finansial?

Untuk itu untuk mapan finansial, dibutuhkan effort dari dalam diri supaya mapan secara finansial dapat didapatkan di usia muda sebelum 25 tahun. Untuk kamu yang sedang mengalami masa ini, ada beberapa strategi yang bisa dicoba untuk menghadapinya.

Rencanakan keuangan

Tuntutan menjadi dewasa adalah mandiri secara finansial. Kemandirian finansial seakan menjadi tolak ukur kesuksesan seseorang. Memiliki rumah, mobil dan smartphone keluaran terbaru menjadi standar pencapaian hal ini di kalangan usia 20-an.

Karenanya mulai hari ini atur rencana keuangan, terutama jika kamu seorang entrepreneur. Ketahui penghasilan bersih dan buatlah perkiraan pengeluaran per bulan. Mengontrol keuangan dan menghitung setiap rupiah yang ada di dompet dapat membantumu mencapai tujuan keuangan di masa depan.

Kerja Keras dan Cerdas

Mumpung masih muda, manfaatkan sebaik mungkin waktumu untuk berkarya. Selain mengumpulkan pundi-pundi rupiah untuk membiayai kebutuhan, lewat bekerja kamu juga bisa mengasah skill dan pengetahuanmu. Serap informasi sebanyak mungkin, belajarlah dari lingkungan dengan baik, serta terapkan pengetahuan yang kamu miliki di tempat kerja

Menabung

Menabung wajib dimasukkan dalam daftar prioritas saat menyusun rencana keuangan oleh siapa pun, terutama kamu yang sekarang berusia 25 tahunan. Tidak bisa dipungkiri, semakin bertambah usia, semakin besar pula dana yang kamu perlukan untuk menutup kebutuhan.

Misalnya untuk persiapan menikah, membeli rumah, menyiapkan pendidikan anak, dan masih banyak lagi yang lainnya. Ya, meski kamu masih melajang, hal-hal seperti ini wajib dipikirkan sejak dini agar tidak kerepotan atau merepotkan banyak orang nantinya

Investasi

Investasi merupakan salah satu perencanaan masa depan yang wajib dilakukan oleh kamu yang berusia 25 tahun. Investasi yang dimaksud ini berbeda dengan menabung, ya. Salah satu alasan penting kita harus memiliki dana investasi yakni adanya jaminan di masa depan. Meskipun masih muda, bukan berarti kita tidak perlu menyiapkan dana pensiun. Setiap orang juga tidak tahu seberapa besar kebutuhan yang diperlukan di masa depan. Nah, soal jenis investasi ini ada beragam produk yang bisa kita coba. Seperti investasi properti, reksadana, emas batangan, saham, trading forex, investasi berjangka, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Aset Tetap

Bagi masyarakat Indonesia, rumah merupakan salah satu parameter untuk mengukur sukses tidaknya seseorang. Nah, mumpung kamu masih muda dan belum memiliki keluarga, lebih baik persiapkan diri dengan menabung untuk memiliki rumah.

Tak perlu menunggu menikah dulu baru punya rumah, sebab umumnya kebutuhan setelah menikah akan jauh lebih besar lagi sehingga keinginan untuk membeli rumah terpaksa harus dikesampingkan demi menutup kebutuhan lain yang lebih penting.

Baca Juga: 4 Tips Jitu Mengelola Keuangan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *