fbpx

Satu hal yang membedakan berhasil atau tidaknya trading adalah kemampuan mengidentifikasi kesulitan dan menemukan solusinya. Kesulitan yang dihadapi oleh trader terutama yang masih pemula adalah ketidakmampuan dalam mengontrol emosi saat trading.

Banyak buku psikologi trading mengatakan bahwa kita harus bersabar dan tenang saat trading. Tetapi nyatanya hal ini lebih mudah dikatakan daripada dilakukan. Saat kita kalah atau LOSS dalam trading kita cenderung akan marah dan ingin segera membalikan kehilangan kita. Tentunya hal ini yang akhirnya membuat banyak orang mengalami MC (Margin Call).

Bentuk tantangan emosi lainnya yang sering dihadapi oleh trader pemula adalah kurangnya kepercayaan mereka terhadap metode trading mereka. Hal ini menyebabkan mereka kerap memilih keputusan yang akhirnya mereka sesali.

Ketika kita ingin trading sebaiknya kita benar-benar mempersiapkan diri kita. Buatlah strategi trading melalui penelitian dan analisis yang sesuai dan percaya dengan strategi yang sudah kita bentuk.

Dalam strategi itu, sudah jelas di mana kita menentukan Take Profit dan Stop Loss dan menyerahkan trading kita pada strategi tersebut. Jika kita tidak bisa membiarkan tradingan kita kepada SL dan TP, maka sebaiknya kita kembali Demo Trading untuk menemukan strategi yang tepat.

Satu lagi bentuk kesulitan kita adalah ketidakmampuan dalam menerima LOSS. Sebagai seorang trader, kita harus mampu menerima dan memahami bahwa LOSS itu akan terjadi, tidak ada analisis sebagus apapun yang bisa memastikan kita 100% kebal terhadap LOSS. Oleh sebab itu kita tidak perlu meluapkan emosi yang berlebihan ketika kita mengalami LOSS ataupun menyalahkan siapapun. Seharusnya di saat inilah kita belajar dari pengalaman tersebut dan mencari profit yang lain.

Solusi yang bisa digunakan untuk menanggulangi hal-hal ini adalah dengan membuat trading journal. Trading journal memiliki kegunaan untuk melihat kembali apa yang salah dalam aktivitas dan strategi trading kita. Ketika kita telah mengulas kembali hasil tradingan kita maka kita bisa mempelajari kesalahan yang kita buat.

Metode ini bisa membuat kita menjadi lebih tenang dan sabar ketika trading, sehingga kita bisa trading secara jangka panjang.  


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *