fbpx

Kesalahan adalah hal yang manusiawi yang sulit dihindari, tidak hanya dialami trader pemula, tetapi juga trader yang telah lama berkecimpung di dunia trading. Kesalahan-kesalahan mendasar masih sering dilakukan. Padahal, loss adalah imbasnya.

Apa saja kesalahan yang kerap dilakukan para trader? Ini dia.

Baca juga: Kebanyakan Informasi Ganggu Tradingmu, Kenapa?

1. Gak Sabaran

Harus disadari, menjadi seorang trader harus mempunyai kesabaran yang luar biasa. Kesabaran adalah hal penting bagi trader, karena harus memilih keputusan di saat-saat tertentu.

Tidak sabar untuk meraih profit bukan hanya berujung kepada loss, tetapi juga kepada strategi trading ke depannya. Karena membuat strategi trading tidak semudah yang dibayangkan dan butuh waktu yang panjang.

Tanpa rasa sabar, seorang trader bisa saja terburu-buru mengambil keputusan, terutama saat membuka posisi saat trading. Tidak sabar bisa saja membuatmu loss!

2. Melanggar Peraturan

Lho, peraturan untuk apa?

Maksud peraturan di sini adalah peraturan atau sistem yang kita buat sendiri agar disiplin saat trading. Walaupun peraturan ini dibuat sendiri, namun jangan sampai melanggarnya.

Kita sering membuat peraturan sendiri, namun melanggarnya di kemudian hari. Lambat laun peraturan itu dilupakan, membuat keputusan yang tidak tepat, hingga loss dan memberikan efek yang negative terhadap akun kita.

Jangan menelan ludah sendiri, ya!

3. Trading untuk Balas Dendam

Ini adalah buntut dari kedua poin di atas. Jika kita tidak bisa sabar dan terus-menerus melanggar aturan yang kita buat sendiri, bukan tidak mungkin kita akan membalas dendam.

Balas dendam untuk apa?

Balas dendam agar lekas profit kembali. Padahal, langkah yang harus ditempuh tidak semudah itu.

Kesalahan ini bisa kita tanggulangi dengan sedikit kesabaran serta pemahaman yang jelas, bahwa dalam trading kita tidak bisa berharap kita akan selalu mendapatkan profit.

Kita harus memahami bahwa akan ada saatnya kita akan mengalami loss, dan jika kita mengalami loss kita tidak boleh panik, karena hal ini pasti terjadi. Sebaiknya yang kita lakukan adalah menerima loss tersebut dan mencari profit tanpa rasa gegabah.

Baca juga: Dari 4 Tingkatan Trader, Kamu yang Mana?

Dari kesalahan-kesalahan yang disebutkan, bisa ditanggulangi dengan merubah pola pikir bahwa trading membutuhkan kesabaran yang luar biasa. Selain itu, harus disadari bahwa tidak selamanya trading menghasilkan profit, trading juga bisa loss.

Sebelum kita bertrading sebaiknya kita kembali melihat mental kita apakah kita tipe orang yang bersabar, jika tidak maka belajarlah untuk bersabar.

Because being in a rush will end badly in trading. (md)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *