fbpx

Kisah inspiratif hadir dari seorang Bruce Kovner. Siapa sangka, Bruce Kovner yang kini bekerja sebagai hedge fund manager legendaris Amerika Serikat dan Chairman dari Caxton Associates, sebuah perusahaan investasi yang masuk dalam jajaran 10 besar, dulunya adalah mantan supir taksi? Tidak hanya itu, Bruce Kovner juga merasakan dropout dari Universitas Harvard.

Padahal kekeyaan Kovner di Maret 2011 diperkirakan telah mencapai USD 4.5 milyard. Ia juga dikenal sebagai philanthropist atau seorang billioner yang dermawan dari New York City dan pernah menjabat sebagai Chairman dari American Enterprise Institute. Selain itu, Kovner juga seorang politikus dari Partai Republik AS dan salah seorang donatur kampanye calon presiden Mitt Romney.

Bruce Kovner lahir di Bronx, New York, pada tahun 1945 serta tumbuh di San Fernando. Ia studi di bagian ekonomi di Kampus Harvard, tetapi dropout serta tidak berhasil mencapai titel Ph. D. Kovner lalu bekerja jadi penulis serta sopir taxi sebelumnya keluar inspirasi untuk trading di pasar komoditi.

Menjadi Supir Taksi

Sebelum tahun 1977, Kovner menjalani pekerjaan sebagai supir taksi. Tahun 1977 bruce mulai mengenal trading, dana pertama $3.000 yang berasal dari Master Card-nya dalam kontrak berjangka kedelai. Setelah beberapa kali dananya merugi, akhirnya dia memperoleh profit $40.000.

Akhirnya Bruce mulai meninggalkan profesi sebagai supir taksi dan tim kampanye. Dia bekerja di Commodities Corporation (sekarang bagian dari Goldman Sachs) di bawah binaan Michael Marcus. Di sinilah kariernya mulai menanjak, profit jutaan dollar membawa namanya dikenal sebagai trader yang objektif dan tenang.

Image result for Bruce Kovner

www.varchev.com

Saat itu akun yang dikelolanya senilai 14 miliar dollar AS. Tahun 1983 bruce mendirikan Caxton Associates dan menjadi CEO hingga tahun 2011. Perusahaan Investasi yang masuk 10 besar terbesar di dunia. Tahun 2012 dia mendirikan CAM Capital, sebuah perusahaan investasi, perdagangan, dan aktivitas bisnis.

Bruce Kovner sepanjang puncak kariernya juga aktif di bidang pendidikan dan seni. Kovner, menganugerahi Program Beasiswa Kovner di Juilliard School dengan hadiah $ 60 juta – hadiah terbesar saat itu untuk program bantuan beasiswa di AS.

Bruce juga sebagai penyandang dana utama pembangunan kembali Lincoln Center. Dan juga mengelola direktur dewan direktur Metropolitan Opera. Kovner didirikan dan menjadi ketua dari School Choice Scholarships Foundation.

Dia adalah mantan ketua dewan pengawas dari American Enterprise Institute. Januari 2012, ia menyumbangkan sekitar $ 500.000 untuk mengembalikan masa depan, sebuah PAC Super yang mendukung kampanye kepresidenan Mitt Romney.

Strategi trading Kovner adalah kombinasi analisa fundamental dan teknikal. Dari segi fundamental ia sangat memperhatikan faktor pengaruh intermarket,

dimana ia cukup piawai dalam menganalisa ekonomi dan politik dunia. Dalam analisa teknikal, ia adalah seorang trend follower (mengikuti arah trend) dan cenderung entry saat terjadi breakout (ketika harga menembus level-level kunci).

“Kamu harus yakin kamu akan profit. Memang tidak ada posisi yang menjamin 100% benar, namun kamu harus yakin. Jika kamu mengikuti posisi trader lain yang kamu kurang yakini, kamu akan sulit untuk selalu memperoleh profit.” kata Kovner.

Baca Juga: Galau Uang Jajan Kurang, 8 Pekerjaan Sampingan Ini Bisa Membantu

Strategi Trading Bruce Kovner

Kesuksesan Bruce Kovner tentu bukan hal yang mudah didapatkan. Kovner selalu detail dan memiliki cara-cara trading yang sesuai untuk dirinya. Berikut ini beberapa tips trading Bruce Kovner diantaranya:

– Luangkan sejumlah besar waktu untuk mengikuti dan menganalisis perekonomian negara-negara yang berbeda (meski rumit) dan mengintegrasikan berbagai analisis itu menjadi sebuah gambaran tertentu.

– Milikilah strategi yang kuat dan selalu lakukan antisipasi terhadap berbagai risiko. Tetaplah rasional dan disiplin di bawah tekanan.

– Bila kamu memakai analisa fundamental, tunggulah sampai sebuah berita resmi dikeluarkan, lalu lihatlah bagaimana pasar bereaksi. Jangan percaya pada gosip!

– Jika masuk market, selalu pasanglah Stop Loss.

Sc: asiatradefx.com


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *