fbpx

Dalam rangka pre-funding atau persiapan pendanaan untuk tahun 2019, Pemerintah kembali menerbitkan surat utang atau obligasi. Obligasi ini bernilai US$ 3 miliar atau setara dengan RP42,73 triliun (dengan kurs Rp14.244/US$).

Surat utang yang diterbitkan Pemerintah tersebut dengan format SEC-Registered dalam tiga seri. Pertama adalah RI0224 dengan nilai emisi US$ 750 juta dengan tenor 5 tahun. Kedua, RI0229 dengan nilai US$ 1,25 miliar dengan tenor 10 tahun. Dan terakhir RI0249 senilai US$ 1 miliar dengan tenor 30 tahun.

Transaksi Surat Utang Negara dengan valuta asing ini memperoleh Baa2 dari Moody’s, BBB- dari Standard & Poor’s, dan BBB dari Fitch. Penerbitan SUN ini akan dicatat di Singapore Stock Exchange dan Frankfurt Stock Exchange.

Baca juga: Tumbuhkan Nilai Investasi Anda bersama P-Cash

Sebelumnya, kepemilikan obligasi Pemerintah oleh investor asing telah menembus angka RP900,59 triliun pada akhir November lalu. Dimana angka ini merupakan rekor tertinggi kepemilikan obligasi Pemerintah oleh investor asing.

Tingginya kepemilikan memperlihatkan bahwa investor asing masih menaruh minat yang tinggi dan akhirnya masuk ke pasar Surat Berharga Negara atau SBN. Kenaikan kepemilikan seiring dengan naiknya jumlah SBN, yaitu sebesar 13,46% menjadi RP2,379 triliun per November.

sc: CNBC Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *