fbpx

Bagi para trader dan investor Bitcoin, tahun 2017 merupakan tahun yang menyenangkan. Karena pada tahun itu Bitcoin mengalami tren kenaikan harga terus-menerus.

Awal tahun 2017, Bitcoin dihargai US$ 1.000 per koin. Setelah itu harga Bitcoin terus menanjak hingga menciptakan rekor baru buat mata uang ini. Di tahun 2017 pula Bitcoin menyentuh harga tertingginya sepanjang sejarah, yakni US$ 19,539,22 per koin, menurut Coinbase.

Baca juga: Hati-hati, 5 Latte Factor ini Menguras Dompetmu

Karena kenaikan harga yang sangat signifikan ini, investor dan trader diselimuti euforia. Mereka juga menganggap Bitcoin adalah mata uang masa depan, dimana di masa depan mata uang yang digunakan adalah mata uang digital, koin digital, atau token.

Di samping itu, Blockchain, teknologi yang berada di belakang Bitcoin dinilai memberikan rasa aman, efektif, dan efisien dalam bertransaksi. Para investor dan trader semakin yakin dengan Bitcoin di masa depan. Pelarangan dari sejumlah negara tentang transaksi menggunakan Bitcoin tidak dihiraukan sama sekali.

Pada tahun 2018 keadaan itu berbalik.

Di awal tahun ini Bitcoin diperdagangkan di angka US$ 13.422 per koin. Meski turun dari harga tertingginya pada tahun 2017, para investor dan trader mengangaap hal ini wajar karena sebagian pihak melakukan aksi profit taking.

Tidak sesuai dengan ekspektasi para pegiat Bitcoin yang mengatakan pada tahun ini harga Bitcoin akan melonjak ke angka US$ 50.000, justru yang terjadi harga Bitcoin terus terkoreksi.

Baca juga: Dana Minim Bisa Trading Karena Leverage

Dua minggu terakhir ini misalnya, sangat membuat para investor dan trader merasa kecut. Bitcoin jatuh bebas dari US$6.300-an ke angka US$3.900-an. Bahkan pernah lebih rendah dari US$3.500 per koin.

Menurut CoinDesk, nilai Bitcoin sudah hilang 35% selama pekan lalu. Ini merupakan penurunan dalam satu minggu yang terbesar sejak April 2013. Saat itu mata uang crypto jatuh lebih dari 44%.

Jika para investor berinvestasi di Bitcoin sejak awal tahun 2018 dan masih memegangnya hingga saat ini, maka investor telah rugi 235,97%. Investor kini dilanda dilema. Apabila memilih melepas, maka tentu ia akan rugi. Namun jika masih tetap memegangnya, ia tak tahu kapan Bitcoin akan kembali naik.


1 Comment

ERNA R · December 31, 2018 at 12:35 PM

Jujur aku tuh tertarik banget sama bitcoin gitu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *