fbpx

Beberapa perusahaan besar memang sudah menerapkan dana pensiun untuk para karyawannya. Tentu kebijakan tersebut bukan tanpa alasan. Ya, idealnya setiap pekerja mengikuti dan menyiapkan program pensiun agar kelak mereka memiliki uang pensiun. Tujuannya supaya di hari tua para pekerja bisa menikmati hasil kerja kerasnya sehingga hidup lebih sejahtera. Ada banyak alternatif program pensiun yang bisa kamu jadikan pertimbangan. Disunting dari laman cermati, berikut ini program pensiun yang bisa kamu pertimbangkan untuk dipilih:

Program Pensiun Manfaat Pasti

Program ini dikaitkan dengan masa kerja dan besar penghasilan kita untuk menentukan besar uang pensiun.

Kelebihannya:

Uang pensiun ditentukan terlebih dahulu sesuai dengan gaji karyawan, sehingga pekerja dapat menentukan besarnya uang yang akan diterima pada saat mencapai usia pensiun.
Berlaku surut, artinya dapat mengakomodasi masa kerja yang telah dilalui pekerja apabila
program pensiun dibentuk jauh setelah perusahaan berjalan.

Kelemahannya:

Perusahaan menanggung resiko atas kekurangan dana apabila hasil investasi tidak mencukupi
Program ini relatif lebih sulit untuk dikelola dari sisi administrasinya.

Program Pensiun Iuran Pasti

Program pensiun ini terdiri dari money purchase plan, profit sharing plan dan saving plan dimana besarnya uang pensiun didasarkan pada iuran dibayarkan pekerja dan perusahaan (pemberi kerja).

Kelebihannya:

Iuran dari perusahaan dapat diperhitungkan secara pasti. Lebih mudah memperhitungkan besarnya iuran bagi pekerja sehingga proses administrasinya juga lebih gampang dikelola.

Kelemahannya:

Susah memprediksi penghasilan pada saat mencapai usia pensiun karena karyawan menanggung resiko atas ketidakberhasilan investasi. Tidak berlaku surut, artinya tidak dapat mengakomodasikan masa kerja yang telah dilalui karyawan.

Manfaat Jaminan Pensiun bagi Keluarga Pekerja

Selain pekerja yang pensiun, keluarga pekerja tersebut juga butuh jaminan hidup sehingga Jaminan Pensiun ini dibuat dalam bentuk program yang memberikan jaminan pendapatan bulanan seumur hidup untuk pekerja yang pensiun atau berhenti kerja karena cacat, dan untuk ahli warisnya. Besarnya manfaat pensiun untuk setiap tahun iuran dapat berupa persentase dari rata-rata gaji atau nominal tertentu. Peserta jaminan pensiun adalah pekerja yang telah membayar iuran.

Image result for pension fund

NDTV.com

Manfaat jaminan pensiun dalam bentuk uang tunai yang diterima setiap bulan dengan ketentuan sebagai berikut:

1. Pensiun hari tua, diterima peserta setelah pensiun sampai meninggal dunia
2. Pensiun cacat, diterima peserta yang cacat akibat kecelakaan atau akibat penyakit sampai meninggal dunia
3. Pensiun janda/duda, diterima janda/duda ahli waris peserta sampai meninggal dunia atau menikah lagi
4. Pensiun anak, diterima anak ahli waris peserta sampai mencapai 23 (dua puluh tiga) tahun, bekerja, atau menikah; atau
5. Pensiun orang tua, diterima orang tua ahli waris peserta lajang sampai batas waktu tertentu sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Manfaat jaminan pensiun ini berlaku jika memenuhi kondisi sebagai berikut:

1. Peserta jaminan pensiun atau ahli warisnya berhak mendapatkan pembayaran uang pensiun berkala setiap bulan setelah memenuhi masa iuran minimal 15 (lima belas) tahun.
2. Jika peserta meninggal dunia pada masa pembayaran iuran selama 15 (lima belas) tahun tersebut, ahli warisnya tetap berhak mendapatkan manfaat jaminan pensiun.

Baca Juga: Jangan Asal Pinjam, Ketahui Keadaan Finansial Sebelum Pinjam Uang Online

Dana Pensiun Bisa Berupa Investasi

Tidak melulu mengandalkan dana pensiun dari perusahaan saja, kamu bisa mengandalkan investasi sebagai salah satu penunjang dana pensiun. Ada banyak pilihan investasi, mulai dari investasi properti, deposita berjangka, logam mulia, saham, cryptocurrency hingga trading forex. Semua memiliki risiko dan keuntungan masing-masing. Kalau masih bingung soal investasi apa yang tepat untuk dirimu dan keluarga, cari tahu selengkapnya melalui www.portofolio.co.id . Jadi, sudah mantap mempersiapkan dana pensiun?


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *