fbpx

Warren Buffett percaya investor harus menghindari menggunakan uang pinjaman untuk berinvestasi.

“Ini gila dalam pandangan saya untuk meminjam uang pada sekuritas,” katanya seperti yang dilansir CNBC.

“Sungguh gila untuk mempertaruhkan apa yang Anda miliki dan butuhkan untuk sesuatu yang tidak benar-benar Anda butuhkan. Anda tidak akan menjadi lebih bahagia jika Anda menggandakan kekayaan bersih Anda.”

Dalam wawancara “Squawk Box”, Buffett berbagi kecerdasan dan kebijaksanaan dengan Wakil Ketua Berkshire Hathaway, Charlie Munger.

foxbusiness.com

Sungguh gila untuk mempertaruhkan apa yang Anda miliki dan butuhkan untuk sesuatu yang tidak benar-benar Anda butuhkan.

Tiga ‘L’ Yang Dapat Membuat Anda Bangkrut

“Pasangan saya, Charlie, mengatakan hanya ada tiga cara orang pintar bisa bangkrut: minuman keras (Liquor), wanita (Ladies), dan Leverage,” katanya.

“Sekarang kenyataannya: dua yang pertama dia tambahkan karena mereka mulai dengan L: Leverage,” ujar Buffet.

Oracle of Omaha menjelaskan bahaya menggunakan pinjaman dan leverage dalam surat tahunan 2017 kepada pemegang saham Berkshire Hathaway yang dirilis pada hari Sabtu.

“Berkshire, sendiri, memberikan beberapa contoh nyata tentang bagaimana teracaknya harga dalam jangka pendek dapat mengaburkan pertumbuhan nilai jangka panjang. Selama 53 tahun terakhir, perusahaan telah membangun nilai dengan menginvestasikan kembali pendapatannya dan membiarkan bunga majemuk bekerja. Tahun dari tahun ke tahun, kami telah bergerak maju. Namun saham Berkshire telah mengalami empat penurunan besar, ” tulisnya.

Dia berbagi data yang mengungkapkan saham Berkshire Hathaway turun dengan kisaran 37 persen hingga 59 persen beberapa kali selama lima dekade terakhir.

Baca Juga: Ini Dia Perbedaan Trader dan Investor

“Data ini menawarkan argumen terkuat yang dapat saya kumpulkan terhadap penggunaan uang pinjaman untuk memiliki saham. Tidak ada yang tahu seberapa jauh saham dapat jatuh dalam waktu singkat,” tulisnya dalam surat itu.

“Bahkan jika pinjaman Anda kecil dan posisi Anda tidak segera terancam oleh pasar yang jatuh, pikiran Anda mungkin menjadi terguncang oleh berita utama yang menakutkan dan komentar yang mengembuskan napas. Dan pikiran yang gelisah tidak akan membuat keputusan yang baik,” tutupnya dalam wawancara tersebut.


1 Comment

NOVIAN MF · November 22, 2018 at 4:41 PM

Cara berfikir yamg samgat cerdas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *