fbpx

Sempat dihajar oleh dolar hingga mencapai 15.000 per satu dolar. Per tanggal 8 November kemarin, Rupiah perlahan namun pasti mulai menguat di titik 14.500. Tentu ini menjadi kabar yang menyejukkan bagi kondisi mata uang Rupiah. Menanggapi gejolak pasar global yang mulai membaik, Menteri Keuangan, Sri Mulyani memberikan komentar terkait nilai tukar rupiah menguat terhadap dollar Amerika Serikat (AS). Dilansir dari laman Tribun, dalam komentarnya, Sri Mulyani mengatakan, menguatnya nilai tukar tidak lepas dari pondasi ekonomi Indonesia masih sangat kuat.

Sri Mulyani menjelaskan bahwa pada saat pasar lebih rasional, Indonesia akan mendapatkan apa yang disebut dengan capital inflow yang lebih positif. Meskipun begitu, ia juga mengingatkan untuk tetap hati-hati dengan suasana politik global saat ini.

Kalangan analisis dilansir dari CNBC mengungkapkan penguatan nilai tukar rupiah memang masih bersifat sementara, lantaran kondisi ekonomi global yang bergerak cukup dinamis.

Image result for rupiah

berisatu.com

Sementara Sri Mulyani tetap berharap di tengah ketidakpastian itu, para pelaku ekonomi global tetap memandang positif perekonomian Indonesia. Sri Mulyani mengungkapkan, ia telah bertemu dengan para investor dan pelaku ekonomi dalam lawatannya ke Australia dan Singapura belum lama ini.

Jika ditelusuri memang benar, penguatan nilai rupiah salah satu penyebabnya adalah mulai masuknya investor ke Indonesia. Selain faktor global, masuknya dana investor asing ini juga mencerminkan jika confidence investor terhadap ekonomi domestik tetap kuat ditopang oleh pertumbuhan ekonomi yang stabil serta inflasi yang rendah. Pada awal pekan ini, dolar AS tercatat masih di kisaran Rp 14.982 kemudian sepanjang hari tekanan terus mereda. Hingga pada Selasa (6/11) dolar AS tercatat Rp 14.797. Kemudian pada Rabu dolar AS sudah masuk ke level Rp 14.500an. Ini artinya selama 4 hari rupiah telah terapresiasi atau menguat 3,75% terhadap dolar AS.

Baca Juga: IHSG Menyentuh Zona Merah Lagi, 5 Saham Inilah yang Justru Banyak Ditransaksikan


1 Comment

Maaf, Lagi-Lagi Rupiah Melemah Terhadap Kurs Dolar AS · November 13, 2018 at 2:14 PM

[…] Baca Juga: Meski Masih Sementara, Rupiah Mulai Menguat Diangka 14.500 […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *