fbpx

Pernah dengar proyek Red Hat milik Proyek Marc Ewing? Pekan ini kabar mengejutkan datang dari mereka. Proyek Mark Ewing yang sejak pada tahun 1994 bernama ‘Red Hat’, dibeli oleh International Business Machines atau yang banyak dikenal sebagai IBM di tahun 2018 seharga 34 miliar dolar Amerika. Suatu harga yang fantastis dan menjadikannya sebagai akuisisi perangkat lunak terbesar sepanjang sejarah.

Atas akuisisi Red Hat, IBM dinilai mengumumkan keikutsertaannya sebagai pemain baru dalam persaingan komputasi awan atau cloud. Sebelumnya, sudah ada Amazon Web Service, Microsoft Azure, dan Google Cloud Platform yang terlebih dahulu mengendalikan pasar cloud konsumen. Juga dengan Red Hat, IBM membeli perangkat lunak yang akan memudahkan tim perusahaan untuk membangun IBM di atas penyedia layanan cloud yang lain.

Image result for ibm

ibm.com

Pada tahun 2010 silam, CEO IBM, Sam Palmisano, dengan percaya diri menepis masa depan cloud computing di antara perusahaan-perusahaan enterprise lainnya dengan berkata, “Anda tidak bisa melakukan apa yang kami lakukan di cloud.” Sejak saat itu, perusahaan-perusahaan raksasa seperti Amazon, Microsoft, Google, dan Dell, membawa miliaran dolar melalui penawaran cloud mereka. Sedangkan IBM membukukan 22 kuartal penurunan pendapatan secara langsung dari 2012 hingga 2017.

Akuisisi ini adalah upaya IBM untuk menemukan pijakannya dalam komputasi awan setelah mendapatkan permulaan yang terlambat, tetapi yang masih harus dilihat adalah apakah masa depan akan berjalan sesuai dengan cara yang diprediksi.

Dengan valuasi 34 miliar dolar Amerika, IBM mengungguli rekor akuisisi yang pernah dipecahkan oleh Microsoft. Kala itu, Microsoft memecahkan rekor dengan mengakuisisi LinkedIn pada tahun 2016 dengan valuasi hingga 26,2 miliar dolar Amerika. Di bawah Microsoft ada Facebook yang mengakuisisi Whatsapp dengan mahar sebesar 22 miliar dolar Amerika pada 2014.

 Baca Juga: Proyek Meikarta Tersandung Korupsi, Harga Saham Lippo Group Anjlok


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *