fbpx

Pernah mikir nggak, uang yang beredar di masyarakat kalau dijumlahkan sampai berapa? Pastinya memiliki jumlah yang besar. Uang yang beredar di pasar keuangan global nilainya bisa sampai ratusan triliun dolar Amerika Serikat (AS). Lalu lembaga mana saja yang menjadi pengelola dana-dana tersebut. Kira-kira kemana saja ya uang tersebut tersebar?

Pertama, sebanyak 45 USS Trilyun dialokasikan untuk dana pensiun. Uang pensiun merupakan hak pekerja yang merupakan penghasilan yang diperoleh setelah bekerja sekian tahun dan sudah memasuki usia pensiun. Uang pensiun dapat diambil setiap bulannya atau diambil sekaligus pada saat seseorang memasuki masa pensiun. Mekanismenya tergantung dari kebijakan perusahaan masing-masing.

Dalam UU No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan tidak mengatur kapan saatnya pensiun dan berapa Batas Usia Pensiun (BUP) untuk pekerja sektor swasta. Selama ini ketentuan mengenai batas usia pensiun ditetapkan dalam Perjanjian Kerja (PK), Peraturan Perusahaan (PP)/ Perjanjian Kerja Bersama (PKB) atau Peraturan Perundangan yang berkaitan dengan masa pensiun menurut Pasal 154 huruf c UU Ketenagakerjaan. Pada umumnya batas usia pensiun normal adalah 55 tahun dan batas usia pensiun wajib maksimum 60 tahun.

Keuda, sebanyak 45 USS Triliun digunakan untuk reksadana. Sementara, 33 USS Triliun digunakan negara untuk memenuhi kebutuhan asuransi.

Selain itu, sebanyak 7 USS Trilyun dialokasikan sebagai dana investasi pemerintah. Investasi Pemerintah adalah penempatan sejumlah dana dan/atau barang dalam jangka panjang untuk investasi pembelian surat berharga dan Investasi Langsung untuk memperoleh manfaat ekonomi, sosial, dan/atau manfaat lainnya. Investasi Pemerintah bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dalam rangka memajukan kesejahteraan umum.

Baru yang terakhir, USS 1 Trilyun digunakan untuk Lembaga dan Yayasan Sosial.

Sumber: CNBC Indonesia

Baca Juga: Asuransi Jiwa BUMN Jiwasraya Siap Mengganti Dana Nasabah


2 Comments

YULI · October 21, 2018 at 5:20 PM

Yah sebagai alat tukar dalam transaksi barang

Rupiah Menguat Kembali! Tembus 14 ribu! Kok bisa? » Portofolio Blog Indonesia · November 3, 2018 at 1:12 PM

[…] Baca juga : Jumlah uang beredar di masyakarat… […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *