fbpx

Bitcoin anjlok? Buat kamu penggemar bitcoin, sepertinya berita akhir-akhir ini bikin sesak di hati ya. Berdasarkan data per tanggal 11 Oktober yang lalu, bitcoin mengalami kejatuhan hingga hampir 5% menjadi US$6.303, sementara XRP dan ethereum turun lebih dari 10% membuat mayoritas harga mata uang crypto atau cryptocurrency menyapu nilai investasi hingga US$13 miliar, setara dengan Rp 197 Triliun pada Kamis (11/10).

Menurut conmarketcap.com, penurunan nilai bitcoin ini sangat tidak wajar, mengingat bitcoin merupakan pemimpin mata uang crypto. Penurunan tersebut bukan tanpa alasan. Diduga jangka waktu yang sangat pendek yakni tiga jam menjadi  salah satu penyebabnya.

Image result for bitcoin

Seperti yang dilansir oleh cnbcindonesia.com, penurunan tersebut terjadi di tengah peringatan baru dari otoritas keuangan tentang pertumbuhan pesat uang crypto dan potensi ancaman terhadap perekonomian.

Menurut IMF atau International Monetary Fund dalam sebuah laporannya baru-baru ini, pertumbuhan crypto yang berkelanjutan dan cepat menciptakan kerentanan baru dalam sistem keuangan internasional.

Dengan kasus seperti ini, penggemar mata uang crypto berharap ada perubahan pada tahun ini.Setidaknya di tahun 2018 ini akan menjadi tahun dimana regulator menginisiasi ide untuk mengizinkan perdagangan asset digital melalui produk keuangan baru seperti dana yang ada di bursa. Tentu kalau kebijakan tersebut disetujui akan banyak penggemar crypto yang merasakan dampaknya. Namun sayangnya, Securities and Exchange Commision (SEC) Amerika Serikat menolaknya. Hingga Kamis lalu, bitcoin mengalami penurunan 68% dari rekor tertingginya di 17 Desember yang lalu.

Baca Juga: Inilah Istilah Pasar Modal yang Harus Kamu Tahu


1 Comment

Mengalami Likuidasi, Asuransi Jiwa BUMN Jiwasraya Terancam Bangkrut? · October 15, 2018 at 10:47 PM

[…] Baca Juga: Bitcoin CS Anjlok, Rp 197 T Lenyap […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *