fbpx

Masih ingat perjanjian AS dan Kanada? Kali ini data dan peristiwa berdampak hari ini adalah NFP dan upah di AS, Employment serta perdagangan Kanada, juga Retail Sales Australia dan pidato Fed Bostic.

Indikator ini mengukur persentase perubahan Volume penjualan ritel bulanan, baik yang dibandingkan dengan bulan sebelumnya (month over month atau m/m), atau yang dibandingkan dengan bulan sama pada tahun sebelumnya (year over year atau y/y).

Penjualan di tingkat retailer adalah indikator awal bagi kepercayaan konsumen, permintaan, dan pengeluaran konsumen yang pada akhirnya akan mempengaruhi inflasi serta pertumbuhan. Di Australia, yang diukur adalah Retail Sales total termasuk produk otomotif, dan yang lebih berdampak adalah data m/m.

5 Oktober 2018: NFP AS Dan Tenaga Kerja

5 Oktober 2018: NFP AS Dan Tenaga Kerja

Bulan Juli lalu, penjualan ritel total Australia m/m stagnan atau 0.0%, lebih rendah dari perkiraan naik 0.3%, dan menjadi yang terendah dalam 4 bulan terakhir. Pada bulan Juli terjadi penurunan penjualan di Department Stores, toko pakaian, dan toko perlengkapan rumah. Dalam basis tahunan (y/y), Retail Sales Australia naik 3.2%, tertinggi dalam setahun terakhir. Untuk bulan Agustus 2018, diperkirakan penjualan ritel total m/m akan naik 0.3%. Hasil rilis yang lebih tinggi dari perkiraan akan cenderung menyebabkan AUD menguat.

Jam 19:30 WIB: data Non Farm Payrolls AS bulan September 2018 (Berdampak tinggi pada USD). Data Non-Farm Payrolls (NFP) yang dirilis oleh Biro Statistik Tenaga Kerja AS ini mengukur perubahan jumlah tenaga kerja d iluar sektor pertanian selama periode sebulan. Data ini merupakan indikator awal bagi pengeluaran konsumen dan aktivitas ekonomi secara keseluruhan, serta menjadi bahan pertimbangan penting bagi The Fed dalam menentukan tingkat suku bunga.

5 Oktober 2018: NFP AS Dan Tenaga Kerja

Bulan Agustus lalu, NFP bertambah 201,000 jobs, lebih tinggi dari perkiraan bertambah 191,000 jobs dan bulan sebelumnya yang bertambah 147,000 jobs. Rata-rata pertambahan jobs dalam 3 bulan terakhir adalah 185,333 jobs per bulan, lebih rendah dari bulan sebelumnya yang 207,666 jobs per bulan. Pada bulan Agustus 2018, pertambahan lapangan pekerjaan terbanyak adalah sektor tenaga profesional dan pelayanan bisnis (+53,000 jobs), tenaga perawatan medis (+33,000 jobs), perdagangan (+22,000 jobs), transportasi dan pergudangan (+20,000 jobs), serta pertambangan (+6,000 jobs).

Untuk bulan September 2018, diperkirakan NFP akan bertambah 185,000 jobs, sementara perkiraan dari Automatic Data Processing Inc. (ADP) menunjukkan penambahan 230,000 jobs (rilis data ADP Non Farm Employment Change tanggal 3 Oktober kemarin). Hasil rilis yang lebih tinggi dari perkiraan akan cenderung menyebabkan USD menguat.

Jam 19:30 WIB: data upah rata-rata per jam di AS bulan September 2018 (Berdampak tinggi pada USD).
Data yang dirilis oleh Biro Statistik Tenaga Kerja AS setiap bulan ini mengukur perubahan upah rata-rata per jam (Average Hourly Earnings) dari seluruh pekerja AS di luar industri pertanian. Rilis data berupa persentase perubahan rata-rata upah dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Upah dikaitkan dengan besaran inflasi guna memperkirakan tingkat biaya hidup. Karena itu, The Fed selalu memperhatikan data upah rata-rata per jam sebagai pertimbangan untuk menentukan suku bunga acuan.

5 Oktober 2018: NFP AS Dan Tenaga Kerja

5 Oktober 2018: NFP AS Dan Tenaga Kerja

Bulan Agustus lalu, upah rata-rata per jam di AS naik 0.4% atau 10 Cents Dollar, lebih tinggi dari perkiraan naik 0.2%, dan merupakan persentase kenaikan tertinggi sejak bulan September tahun lalu. Dalam basis tahunan (y/y), upah naik 2.9% atau 77 Cents Dollar, tertinggi dalam 9 tahun terakhir. Untuk bulan September 2018, diperkirakan upah rata-rata per jam akan naik 0.3%. Hasil rilis yang lebih tinggi dari perkiraan akan cenderung menyebabkan USD menguat.

Jam 19:30 WIB: data tingkat pengangguran di AS bulan September 2018 (Berdampak tinggi pada USD).
Indikator ini mengukur persentase total tenaga kerja produktif yang sedang tidak bekerja, tetapi aktif mencari pekerjaan. Meski dianggap sebagai indikator lagging, tetapi jumlah pengangguran akan berdampak pada pengeluaran konsumen, jumlah tenaga kerja, dan tingkat kepercayaan.

5 Oktober 2018: NFP AS Dan Tenaga Kerja

5 Oktober 2018: NFP AS Dan Tenaga Kerja

Bulan Agustus lalu, tingkat pengangguran di AS berada pada angka +3.9%, lebih tinggi dari perkiraan +3.8%, dan sama dengan bulan sebelumnya. Sementara itu, tingkat partisipasi berada pada angka 62.7%, lebih rendah dari bulan sebelumnya yang 62.9%. Untuk bulan September 2018, diperkirakan tingkat pengangguran akan turun ke +3.8%. Hasil rilis yang lebih rendah dari perkiraan akan cenderung menyebabkan USD menguat.

Jam 19:30 WIB: data Employment Change dan tingkat pengangguran di Kanada bulan September 2018 (Berdampak tinggi pada CAD).
Jumlah tenaga kerja merupakan indikator awal pengeluaran konsumen yang menunjukkan tingkat aktivitas perekonomian secara keseluruhan. Sementara itu, tingkat pengangguran mengukur persentase jumlah tenaga kerja yang sedang tidak bekerja, tetapi aktif mencari pekerjaan. Data Employment Change dan persentase tingkat pengangguran yang dibandingkan dengan bulan sebelumnya akan dirilis secara bersamaan.

5 Oktober 2018: NFP AS Dan Tenaga Kerja

5 Oktober 2018: NFP AS Dan Tenaga Kerja

Bulan Agustus lalu, jumlah tenaga kerja di Kanada berkurang 51,600 jobs, jauh lebih rendah dari perkiraan berkurang 5,100 jobs, dan menjadi yang terendah sejak bulan Januari lalu. Sementara itu, tingkat pengangguran berada pada angka +6.0%, lebih tinggi dari perkiraan +5.9% dan bulan sebelumnya yang +5.8%. Tingkat partisipasi bulan Agustus 2018 berada pada angka 65.3%, lebih rendah dari bulan sebelumnya yang 65.4%.

Untuk bulan September 2018, diperkirakan tenaga kerja di Kanada akan bertambah 25,000, sementara tingkat pengangguran akan turun ke +5.9%. Jika hasil rilis pertambahan tenaga kerja lebih tinggi dari perkiraan dan tingkat pengangguran lebih rendah dari perkiraan, maka CAD akan cenderung menguat.

Data ini disebut juga dengan International Merchandise Trade, dan hanya merilis produk barang yang diimpor serta diekspor (tidak termasuk jasa). Kanada adalah pengekspor utama minyak mentah di samping emas dan suku cadang kendaraan bermotor. Partner dagang utama Kanada adalah AS yang mengambil porsi hampir 70% dari total ekspor dan 50% dari total impor negara tersebut. Oleh karena itu, perkembangan kondisi ekonomi AS akan sangat mempengaruhi aktivitas perdagangan Kanada.

5 Oktober 2018: NFP AS Dan Tenaga Kerja

Bulan Juli lalu, defisit perdagangan Kanada menyusut ke CAD0.11 miliar, lebih rendah dari perkiraan defisit CAD1.10 miliar, dan merupakan defisit terendah sejak Desember 2016. Pada bulan Juli 2018, total ekspor naik 0.8% ke CAD51.3 miliar, sendangkan total impor turun 0.4% ke CAD51.4 miliar. Untuk bulan Agustus 2018, diperkirakan perdagangan Kanada akan kembali defisit sebesar CAD0.50 miliar. Defisit yang lebih rendah dari perkiraan akan cenderung menyebabkan CAD menguat.

Categories: Article

1 Comment

8 Manfaat Psikologi Ketika Kamu Trading · October 9, 2018 at 3:52 PM

[…] Baca Juga: 5 Oktober: NFP AS dan Tenaga Kerja Kanada […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *