fbpx

Selalu waspada pada investasi bodong. Apalagi investasi selalu identik dengan jumlah yang tidak sedikit. Jika tujuan investasi salah satu cara dalam memperoleh pendapatan pasif. Namun sayang, segelintir orang justru memanfaatkan kesempatan tersebut untuk mencari keuntungan melalui investasi bodong. Hal ini semakin diperparah dengan banyaknya masyarakat yang mudah tergiur dengan bunga tinggi.

Supaya kamu tidak mengalami hal tersebut, maka perhatikan 5 ciri-ciri investasi bodong yang marak di Indonesia:

1. Identitas yang Tidak Jelas
Setiap pelaku bisnis pada industri jasa keuangan harus mendaftarkan perusahaannya pada OJK. Dengan memiliki izin dari OJK, maka sebuah perusahaan dapat dipertanggungjawabkan legalitasnya.
Entitas bodong yang tidak memiliki izin dapat dikenali dari struktur perusahaannya. Entitas bodong biasanya tidak memiliki struktur kepemilikan, kepengurusan dan kegiatan usaha yang jelas. Selain itu, biasanya mereka juga tidak mencantumkan alamat kantornya.

2. Imbalan yang Tidak Wajar
Masih banyaknya masyarakat Indonesia yang belum paham soal investasi, seringkali dijadikan celah oleh entitas bodong untuk mengeruk keuntungan.
Mereka seringkali menawarkan keuntungan yang di luar batas wajar. Misalnya melebihi bunga maksimal atau waktu yang singkat.
Padahal sebuah investasi memiliki batas bunga maksimal, mempunyai jangka waktu yang relatif lama dan keuntungan yang diperoleh sebanding dengan bunga yang ditanamkan.

3. Penekanan Utama Pada Perekrutan
Entitas bodong seringkali menawarkan keuntungan melalui kedok Multi Level Marketing (MLM). Sehingga Kamu diharuskan mencari orang lain terlebih dahulu untuk ikut berinvestasi jika ingin mendapatkan keuntungan.

4. Tidak Ada Kejelasan Dalam Pengelolaan Investasi
Para pelaku investasi ilegal biasanya tidak bisa menjelaskan bagaimana pengelolaan dana yang masuk hingga akhirnya berubah menjadi keuntungan.
Mereka cenderung sekadar meyakinkan akan keuntungan yang besar namun tidak jelas cara pengelolaannya

5. Kegiatan yang Menyerupai Money Game dan Skema Ponzi
Dalam money game dan skema ponzi tidak ada keuntungan yang benar-benar didapat. Keuntungan yang diperoleh sebenarnya hanya uang dari investor lain. Sehingga jika tidak ada lagi investor, maka tidak akan ada lagi keuntungan.

Tapi ingat, kelima ciri-ciri tersebut tidak bersifat mutlak, bisa saja sebuah entitas bodong hanya memiliki satu atau dua dari ciri-ciri tersebut. Namun dengan adanya satu ciri-ciri, seharusnya kamu bisa lebih curiga.
Segera hindari entitas tersebut kemudian laporkan temuan Kamu kepada Layanan Konsumen OJK 157, email konsumen@ojk.go.id atau waspadainvestasi@ojk.go.id. Biar kemudian pihak yang berwenang menelusuri dan memberi tindakan.

Tak perlu takut investasi. Pastikan juga dalam berinvestasi yang hendak dicapai adalah tujuan keuangan, bukan mengejar keuntungan semata. Kalau kamu menemukan entitas investasi yang mencurigakan, jangan ragu untuk segera melapor ke OJK. Agar masyarakat tidak tertipu oleh entitas-entitas tak bertanggung jawab tersebut.

Nah, ngomong-ngomong soal investasi. Portofolio akan mengadakan workshop tentang Trading Forex di Kota Yogyakarta nih. Ini bukan investasi bodong tentunya. Buat kamu-kamu yang ingin bergabung dan belajar bareng Portofolio, buruan daftar dan kunjungi website kami.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *