fbpx

Asuransi unit link. Ada yang sudah tahu belum tentang asuransi unit link? Mungkin bagi sebagian orang belum kenal dan paham ya..

Oke, Tim Portofolio bakal jelasin ke kamu nih. Jadi, definisi Unit Link adalah produk perusahaan asuransi jiwa yang mengawinkan fungsi proteksi dan investasi.
Dalam rencana keuangan, investasi dan proteksi adalah dua hal wajib dimiliki. Investasi. Investasi diperlukan untuk mencapai tujuan keuangan, misalnya dana pendidikan dan dana pensiun.

Asuransi ini terbilang jenis asuransi non tradisional. Ketika kamu sudah memasukkan dana ke asuransi unit link, nantinya pemegang polis akan diminta memilih di mana akan ditempatkan investasinya. Apakah pada jenis investasi reksa dana saham, reksa dana campuran, reksa dana pendapatan tetap, atau pasar uang.
Secara umum, unit link ini erat dengan pasar modal. Maka nggak heran, banyak orang yang merasa sulit paham dengan jenis investasi ini. Padahal keuntungan dari unit link ini lumayan banget lho.

Cuma sayangnya, banyak agen asuransi yang nggak bisa menjelaskan dengan gamblang apa sih dan gimana sih unit link ini berkerja. Ketika pasar modal turun, nilai unit link juga akan turun. Sehingga seringkali proyeksi yang diberikan meleset dari kenyataan.

Banyak orang yang membeli produk asuransi unit link, padahal tidak tahu bagaimana cara kerja asuransi unit link. Ketidaktahuan ini karena tidak semua agen asuransi mampu menjelaskan secara teknis cara kerja asuransi unit link.

asuransi365.com

Terus Gimana Sih Asuransi Unit Link Bekerja?

Jika teman-teman membeli produk asuransi unit link, teman-teman akan membayar premi. Cara kerja asuransi unit link adalah: Premi masuk ke instrumen investasi, kemudian menghasilkan nilai polis. Nilai polis digunakan untuk membiayai biaya-biaya asuransi dan saldonya digunakan untuk investasi kembali.

Contohnya nih, misalnya kamu mengikuti program dana pensiun unit link dengan premi tunggal Rp 500 juta. Kamu baru bisa merasakan manfaat unit link ketika meninggal dunia nanti (namanya juga dana pensiun, ya kan). Maksudnya gini, yang akan merasakan manfaatnya adalah ahli warismu. Ahli waris akan mendapatkan uang pertanggungan sebesar Rp500 juta x 150% yakni Rp750 juta. Besar bukan keuntungan yang didapat?

Nah, produk ini bisa juga bagian dari solusi bagi mereka yang ingin berinvestasi di reksa dana tapi dananya minim atau di bawah Rp100 ribu (seperti yang telah diketahui bahwa reksa dana butuh minimal investasi Rp100 ribu), sementara dengan membeli unit link, kamu sudah bisa ikut investasi seperti halnya di reksa dana, cukup dengan Rp50 ribu per bulan.

Tertarik Mencoba? Perhatikan Tips Ini!

tipsallianz.com

Bisa dibilang jenis asuransi ini banyak pro dan kontra. Apalagi buat kamu yang belum pernah mencoba. Selain karena banyak biaya yang harus dikeluarkan, timbal balik hasil yang didapatkan terasa lambat. Belum lagi kalau ada kredit macet dan lainnya.

Namun, jika kamu bisa melihat manfaatnya, asuransi unit link worth it juga dicoba. Hal ini karena kamu bakal memperoleh proteksi asuransi untuk melindungi diri atau barang dari kejadian tak terduga di masa depan. Sedangkan di sisi lain, nasabah akan mendapatkan manfaat investasi yang bisa menambah aset.

Supaya sama-sama enak dan terasa hasilnya, sebelum mencoba perhatikan tips berikut ini:

– Tetapkan tujuan keuangan sehingga kamu produk yang diambil tepat guna.
– Ukur kapasitas keuanganmu supaya saat membayar tidak terasa berat.
– Pahami aturan main dalam asuransi unit link (berapa yang dialokasikan untuk premi dan investasi) sejak awal.
– Mintalah ilustrasi tertulis dalam setiap penjelasannya kepada agen asuransi pilihanmu.
– Pahami biaya-biaya yang timbul, coba sedikit cari info perbandingan dengan produk lainnya.
– Pahami kinerja dana investasi (reksa dana, pasar uang, pendapatan tetap, campuran).
– Mintalah mereka menjelaskan prospektus atau apapun yang menjelaskan performa manager investasimu.

Baca Juga: Pengen Traveling ke Eropa, Ikut 4 Investasi Ini Untuk Mewujudkannya!


1 Comment

Akibat Gempa NTB, Klaim Asuransi Diperkirakan Lebih Dari Rp 100 M · August 30, 2018 at 5:01 PM

[…] Baca Juga: Oh, Jadi Gini Cara Kerja Asuransi Unit Link […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *