fbpx

Bitcoin riwayatmu kini. Kini, uang digital sepertinya masih menjadi pilihan sebagian orang untuk berinvestasi. Apalagi di era digital masa kini yang mana kamu bisa akses segala hal dengan lebih mudah. Namun pernahkah kamu bertanya, apakan jenis uang digital ini akan selamanya aman dipakai sebagai wadah investasi? Mengingat, di era digital ini semua tampak dinamis, cepat, dan penuh tantangan.

Ya, anggapan bahwa bitcoin investasi menggiurkan bukan tanpa alasan. Mengutip dari laman detik.com menggungakan Bitcoin memungkinkan user untuk mengirim dan menerima uang secara cepat di manapun dan kapanpun. Mereka tidak perlu khawatir dengan hari libur atau jadwal libur bank yang terbatas oleh jarak negara. Intinya, Bitcoin memberikan user kekuasaan penuh atas uang yang mereka miliki.

Nggak hanya itu, user diiming-imingi omset yang tinggi dengan modal yang cukup rendah. Siapa coba yang tidak mau?

Pembayaran Bitcoin diproses dengan tarif yang sangat kecil. Bahkan bisa diproses tanpa biaya. Pengguna dapat memasukkan biaya dalam transaksi untuk memperoleh pemrosesan pembayaran yang ingin lebih cepat diselesaikan. Proses ini jauh lebih murah dibandingkan pembayaran menggunakan kartu kredit atau PayPal.

Image result for bitcoin

thesouthafrican.com

Namun Sadarkah Kamu Jika Bitcoin Memiliki Kelemahan Nyata?

Kurangnya kritik yang luas telah menciptakan efek mengkhawatirkan. Ini alasan mengapa kamu harus berpikir dua kali untuk melanjutkan Bitcoin sebagai investasimu.

Tidak seperti uang biasa, karena bersifat digital maka bentuk mata uang ini tidak terlihat dan berbeda dari transaksi reguler di perbankan. Pada perbankan normal, pemerintah biasanya mengontrol suplai uang dengan mencetak unit uang.

Namun di dalam dunia cryptocurrency, produksi mata uang umumnya dibatasi. Saat ini hanya ada 21 juta bitcoin di dunia, sedangkan cryptocurrency lain seperti Litecoin terdiri dari 84 juta unit.

Terlepas dari keterbatasan dan nilai yang berfluktuasi, nyatanya cryptocurrency seperti bitcoin, semakin banyak dilirik. Namun, bukan berarti investasi cyrptocurrency tidak memiliki risiko. Sebut saja Bitcoin, mata uang digital satu ini memang terdengar familiar akhir-akhir ini. Karena bersifat mata uang digital sehingga dapat digunakan di semua negara.

Sayangnya, tidak ada legalitas resmi yang mengendalikan mata uang crypto ini. Ditambah karena hanya ada di dunia maya, File Investasi rentan terkena ulah hacker sebab dilakukan secara online dan menggunakan jaringan berbasis internet. Perlu diketahui juga bahwa tidak semua melegalkan transaksi dengan menggunakan cryptocurrency.

Tidak seperti ruang investasi lain, cryptocurrency tidak memiliki ruang regulasi yang jelas. Ya, cryptocurrency tidak diatur oleh pemerintah dan perbankan sehingga jika sewaktu-waktu kamu ingin mengadukan keluhan tidak ada lembaga yang menjaminnya. Jadi bila terjadi kerugian saat transaksi bitcoin, sangat tidak mungkin bisa mendapatkan uang itu kembali.

Baca Juga: Masih Yakin Menggunakan Cryptocurrency Sebagai Investasi Jangka Panjang?

Lantas, bagaimanakah akhir dari perjalanan bisnis ini? Terlebih regulasi kurang jelas serta transaksi menggunakan bitcoin belum didak diperbolehkan di Indonesia.

Lets see…


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *