fbpx

Tidak banyak yang pengusaha yang mahir melihat nama domain dan aset bisnis lainnya sebagai peluang investasi daripada biaya pemeliharaan. Bagi perusahaan yang sedang naik daun, investasi yang tepat pada waktu yang tepat tidak hanya dapat membayar dividen besar ketika bisnis tumbuh, tetapi itu juga bisa berarti perbedaan antara keberhasilan dan kegagalan bisnis.

Untuk itu perlu keputusan yang matang untuk mencoba investasi yang tepat. Meskipun sebenarnya setiap keputusan yang diambil perusahaan adalah investasi. Baik itu mengenai anggota tim baru atau produk baru dan para pemimpin dapat lebih jauh membedakan investasi ini ke dalam dua kategori: aset dan bisnis.

Aset seperti real estate adalah beberapa bentuk investasi tertua. Kepemilikan properti, misalnya, dapat membantu perusahaan muda mendiversifikasi laba seiring pertumbuhannya.

Sebagai pelaku bisnis, Elon Musk seringkali telah melihat perusahaan salah menangani atau mengabaikan banyak investasi bisnis, tetapi yang paling umum adalah ruang nama domain.

Nama Domain Ibarat Bisnis Properti

Jika Anda mengetahui dasar menentukan harga properti, hal tersebut juga berlaku di bisnis domain. Jika bisnis properti melihat lokasi fisik yang strategis menjadi tolak ukurnya, sementara pada bisnis nama domain, lokasi virtual-lah yang menentukan. Tidak ada penyebutan nama jalan, nomer, ataupun alamat, yang ada semua digantikan dengan nama domain.

UK2.net

Nama domain yang strategis dan populer tentu yang bernilai tinggi. Seperti kata pepatah, domain akan terus mengalami kenaikan nilai jauh lebih cepat dari komoditas apapun yang pernah dikenal manusia. Seperti halnya LasVegas.com yang memiliki nilai transaksi sebesar $90 juta hanya untuk kesepakatan tahun 2005 hingga tahun 2040.

Dari data tersebut, bukan tidak mungkin angka ini akan jauh meningkat di kemudian hari bukan? Padahal, harga domain ini ketika pertama kali ditawarkan ke publik pada tahun 1997 hanya sekitar $70 saja.

Baca Juga: Penghasilan Tambahan Tanpa Meninggalkan Pekerjaan

Dengan begitu startup dan usaha kecil bisa mengambil pendekatan untuk mendaftarkan nama terbaik yang telah tersedia. Dengan cara mengambil lebih banyak waktu pada awalnya supaya bisa memahami merek perusahaan, kemudian menentukan tingkat investasi yang dibutuhkan untuk membeli nama yang dapat dikenali dan diingat. Dengan cara ini, bisnis Anda benar-benar dapat menyiapkan diri untuk pertumbuhan yang lebih cepat dan lebih efisien.

Selain domain, portofolio investasi juga bisa menjebatimu meraih masa depan yang lebih baik bagi perusahaan Anda. Apalagi menyambut tantangan keuangan era millennial seperti sekarang ini.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *