fbpx

4 Perubahan Aktivitas Warganet Indonesia Selama Bulan Ramadan

Ramadan membuat perubahan besar bagi kebiasaan masyarakat Indonesia setiap harinya, salah satunya masalah penggunaan internet. Beberapa perusahaan Internet raksasa yang beroprasi di Indonesia contohnya Google, Facebook, Lazada, hingga Bukalapak, berbagi Insight terkait aktivitas warganet selama bulan puasa.

“Tren penggunaan Layanan Google selama Ramadan” hasil penelitian Google bersama lembaga riset strategis Asian Cunsumer Intelligence telah diliris pada 3 Mei 2018.Dalam penelitian tersebut, Google menjabarkan bahwa perilaku pengguna internet Indonesia mengalami peningkatan substansial dalam empat hal, yaitu:

1.Penelusuran konten religius.
Google mengatakan bahwa secara umum warganet Indonesia lebih sering menggunakan internet saat Ramadan jika dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya.
Sama halnya dengan pernyataan Google, Facebook juga menyatakan peningkatan penggunaan selama bulan Ramadan. Berbagai perusaahan marketplace seperti Lazada dan Bukalapak ikut melaporkan akan adanya perubahan perilaku konsumen, seperti peningkatan buying power serta pergeseran kategori komoditas yang diminati.

Google mengira semua perubahan penggunaan internet ini bisa di picu dari pengurangan jam kerja selama bulan Ramadan yang memberikan para pengguna internet lebih banyak waktu untuk menghabiskan waktu mereka di internet. Facebook pun juga menyatakan bahwa jumlah konten yang di unggah para pengguna facebook pun meningkat dua kali lipat dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya.

Dilihat dari sisi durasi, Rata-rata waktu yang menggunakan internet melalui pengrangkat mobile selama lebih dari empat jam setiap hari oleh warganet indonesia selama bulan ramadan.

2. Berbelanja dan penelusuran promosi retail.
Penelusuran mengenai promosi jual beli meningkat hingga empat pulug persen ketika bulan ramadan. Puncak dari promosi pada umumnya terjadi ketika periode pembagian Tunjangan Hari Raya (THR).

3. Durasi menonton video secara streaming.
Perubahan aktivitas warganet ditemukan terjadi juga di layanan YouTube. Warganet Indonesia lebih sering menghabiskan waktu mereka dengan menonton video dari YouTube ketika bulan Ramadan di bandingkan dengan bulan – bulan lainnya. Konten-koten bertema Ramadan lebih banyak di dropuksi juga di bulan Ramadan di bandingkan bulan – bulan lainnya. Selain itu, waktu prime time juga mengalami pergeseran dari sekitar pukul enam sore menjadi pukul delapan atau sembilan malam, setelah waktu tarawih.

4. Aktivitas bersilaturahmi, seperti halal bihalal dan buka puasa bersam
Penulusuran mengenai tema makanan juga meningkat dua kali lipat dari bulan-bulan biasanya. Kata Kunci dining meningkat hingga dua puluh persen selama Ramadhan 2017 lalu. Kata kunci yang kerap kali gigunakan ketika bulan Ramadan seperti “fast food”, “restaurant”, dan “bakery”.

Sumber : TechinAsia


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *