fbpx

Risiko merupakan salah satu masalah dalam Keputusan Investasi

Jika kita telurusi kedalam dunia investasi. Risiko tidak pernah bisa dipisahkan dengan investasi. Karena dalam memilih bentuk investasi, resiko selalu akan ada. Oleh sebab itu, resiko tidak akan pernah dihilangkan. Jika seperti ini, apa yang sebaiknya kita lakukan dalam menghadapi resiko?

Beberapa resiko yang sering terjadi dalam investasi, antara lain:

  1. Resiko suku bunga, ini biasanya terpengaruh oleh obligasi
  2. Resiko pasar, ini biasanya dipengaruhi oleh kondisi suatu negara seperti munculnya resesi ekonomi, kerusuhan, isu, spekulasi maupun perubahan politik.
  3. Resiko inflasi yang bisanya dipengaruhi oleh kenaikan nilai beli atau konsumsi. Inflasi ini sering menjadi resiko yang paling banyak menyebabkan investor tidak tertarik berinvestasi atau malah mencabut investasinya. Karena faktor inflasi ini pemerintah dan pemilik modal atau investor bisa melakukan beberapa cara untuk mencegah terjadinya kenaikan inflasi . Pemerintah biasanya membuat kebijakan-kebijakan yang dapat menekan nilai inflasi misalnya mengeluarkan kebijakan suku bunga dll. Untuk investor yang dapat dilakukan untuk menekan nulai investasi adalah membuka tabungan atau deposito karena dengan bunga yang didapat akan menekan tingkat inflasi, atau dapat pula menginvestasikan modal yang dimiliki dengan membeli emas murni, maka kita akan terhindar dari resiko inflasi yang akan menggerogoti nilai mata uang kita, karena apabila terjadi inflasi tinggi maka harga emas pun akan tinggi
  4. Resiko Likuditas, Risiko ini berkaitan dengan kecepatan suatu sekuritas yang diterbitkan perusahaan bisa diperdagangkan di pasar sekunder. Semakin cepat suatu sekuritas diperdagangkan, maka semakin likuid sekuritas tersebut. Resiko ini bisa juga didefinisikan sebagai kemampuan perusahaan dalam memenuhi kewajiban jangka pendek atau jatuh tempo dengan menggunakan aset yang ada.
  5. Resiko nilai tukar rupiah terhadap mata uang negara lain
    (sumber: investasi.danadidik.com)

Dalam Dunia forex risiko-risiko ini bisa memberikan kerugian yang besar seperti menghabiskan modal yang kita miliki. Kita mengetahui dan menyadari bahwa risiko-risiko ini sangat besar dan tidak bisa dihindari, jadi apa yang bisa kita lakukan untuk meminimalisasikannya? Di sinilah produk kami Portofolio mampu memberikan jawabannya.

Dalam Portofolio, risiko bukanlah hal yang menakutkan lagi, dikarenakan dalam Portofolio kita bisa mengkontrol risiko yang ada. Sehingga modal yang kita miliki tidak akan dihabiskan oleh risiko-risiko tersebut. Bagaimana bisa Portofolio mengkontrol risiko? Portofolio memiliki motto di mana, PROFIT bukanlah yang terutama tetapi RISIKO-lah yang harus dikontrol. Sebagai salah satu masalah besar yang dialami oleh semua yang berinvestasi, pemahaman mengenai risiko cukup diremehkan. Padahal Risiko-lah yang memainkan peran penting. Oleh sebab itu di dalam Portofolio menggunakan teknologi, kami mampu memproporsionalkan jumlah risiko yang diingikan oleh user kami. Sehingga resiko bisa dikontrol sesuai dengan keiingan user.

Masyrakat tidak perlu takut maupun kuatir lagi ketika harus menghadapi risiko karena dalam Portofolio Risiko bisa di kontrol dan disesuaikan. Oleh sebab itu, buat apa takut? Ikutlah kami Portofolio dan lihatlah bagaimana kami bisa meninmalkan risiko-risiko yang ada ini.

(http://investasi.danadidik.com/resiko-yang-sering-terjadi-dalam-investasi/)

Categories: Article

2 Comments

Perpu Terorisme dan Iklim Investasi | Portofolio Indonesia · May 14, 2018 at 1:32 PM

[…] Baca juga artikel kami Resiko Investasi  […]

Kena Tipu Investasi Bodong, Salah Siapa? · June 1, 2018 at 2:33 PM

[…] Baca Juga: Risiko Merupakan Salah Satu Masalah Dalam Investasi […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *