fbpx

Definisi Investasi Yang Perlu anda Ketahui

Dengan perkembangan pesat dalam sisi media sosial, sekarang kalangan muda makin terus ter-update dengan info-info dan bahkan berita-berita diseluruh dunia. Apakah hal ini memberikan dampak yang poditif atau negatif? Hal ini tentunya tergantung dari setiap individu. Yang pasti hal yang tidak bisa kita elakkan adalah kemudahan yang diberikan kepada kalangan muda sekarang dalam mendapatkan berbagai macam info.

Media sosial tentunya juga mendorong adanya perubahan besar dalam bidang ekonomi baik secara nasional maupun secara global, salah satunya dalam bentuk Investasi. Investasi merupakan sesuatu yang sebaiknya diperhatikan. Secara umum, Investasi sering diartikan oleh masyarakat umum sebagai penanaman dana yang dilakukan baik oleh perusahaan maupun individu dalam jangka waktu tertentu untuk mendapatkan imbal balik yang lebih besar di masa depan. Investasi dapat dilakukan dalam banyak bentuk seperti, rumah, tanah, gedung, mesin-mesin, bahan-bahan candangan, saham, obligasi, reksadana, forex, emas, pendidikan dan masih banyak lagi (Sumber; hipwee.com).

Dengan begitu banyak jenis investasi yang ada, pertanyaan berikut yang sebaiknya ditanyakan. Bagi kalangan muda jenis investasi mana yang baik? Tentunya pilihan untuk bentuk investasi merupakan pertanyaan yang relatif dan memang disesuaikan dengan individunya. Pada lifestyle.bisnis.com, terdapat sebuah fenomena yang menarik yang terjadi pada Bursa Efek di Indonesia (BEI) beberapa tahun belakangan ini. Ditemukan bahwa Portofolio Pasar Modal kini sudah tidak didominasi oleh orang dewasa, tetapi justru didominasi oleh generasi milenial yang berusia di bawah 30 tahun.

Berdasarkan laporan di PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), pada tahun 2017 investor muda mendominasi 30,06% dari total pemodal di bursa efek yang berjumlah 1.118.913 investor. Dari 30,06 % tersebut 3,82% nya di ambil oleh remaja usia 20 tahun ke bawa dan 26,24% nya di ambil oleh generasi muda usia 21-30 tahun (sumber: lifestyle.bisnis.com). Dari data ini, kita bisa melihat bahwa sudah banyak peminat dalam kalangan muda pada dunia pasar modal. Apakah hal ini bisa menjadi sebuah tren? Dengan berjalannya nya waktu hal ini mungkin bisa terjadi.

Data ini bisa menjadi sebuah refrensi bagi kalangan muda untuk lebih mencoba masuk kedalam pasar modal. Karena tentunya sudah banyak mereka yang mencoba. Tetapi perlu diingat kembali bentuk investasi bisa berupa banyak hal, pasar modal merupakan salah satu jenis yang bisa dimasukki oleh kalangan muda. Kesadaran akan investasi sebaiknya sudah dimulai sejak dini, dalam perkembangan waktu ini sudah tidak jaman-nya lagi untuk yang memahami mengenai investasi hanyalah orang dewasa yang sudah mapan maupun mereka yang sedang mengalami masa pensiun. Sedangkan investasi sudah sepatutnya diajarkan kepada mereka yang masih muda sehingga mereka bisa meningkatkan kehidupan mereka.

Beberapa alasan mengapa kalangan muda memahami mengenai investasi. Yaitu investasi membutuhkan waktu, dan waktu mana lagi yang baik selain saat kita masih muda. Selain itu mereka yang di bawah usia 30 tahun belum bekeluarg dan belum memiliki tanggungan seperti cicilan. Sehingga terdapat nominal uang yang cukup besar dipegang oleh mereka yang masih berkalangan muda. Hal ini membuat kalangan muda sebagai target yang baik untuk berinvestasi. Dan tentunya investasi mampu memberikan manfaat yang cukup banyak bagi mereka.

Oleh karena itu, jangan meremehkan investasi selagi masih muda, tetapi mulailah cari bentuk investasi yang sesuai sehingga proses investasi bisa dimulai secepatnya.

(https://www.hipwee.com/sukses/ini-dia-skema-investasi-yang-paling-cocok-dicoba-oleh-anak-muda/)

(http://lifestyle.bisnis.com/read/20180130/197/732123/anak-muda-ini-tip-dan-trik-investasi-di-pasar-modal)

Categories: Article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *