fbpx

Apa itu Non Farm Payrolls ?

Para pelaku trading pasar modal pasti tidak asing dengan Non Farm Payrolls atau sering disebut dengan NFP. Data NFP adalah salah satu data ekonomi penting yang rilisnya kerap ditunggu oleh para pelaku pasar keuangan. Mendekati waktu dan setelah data NFP dirilis, pasar keuangan seketika menunjukkan berbagai macam reaksi. Sebenarnya apa isi data NFP yang sering dinanti-nanti oleh trader terutama trader dengan analisa fundamental?

Data NFP adalah sebuah data berisikan perubahan jumlah tenaga kerja Amerika Serikat di semua sektor dengan pengecualian pegawai pemerintah, pegawai rumah tangga, pegawai yang bekerja pada organisasi LSM (non-profit/nirlaba) dan karyawan sektor pertanian. Data tersebut mencerminkan kondisi ketenagakerjaan di sektor komersil dan industri di Amerika Serikat, yang akan digunakan sebagai bahan pengambilan keputusan oleh pemerintah, bank sentral, maupun investor. Perlu diketahui ketenagakerjaan memegang posisi penting karena semakin banyak warga bekerja maka akan semakin banyak gaji yang dibelanjakan dan bisa melumasi mesin-mesin ekonomi. Semakin tinggi pertambahan Non-Farm Payroll dapat dikatakan sebagai makin mantapnya kondisi perekonomian Amerika Serikat.
Baca Juga Artikel Satpam Yang Jago Trading!

Apa itu Non Farm Payrolls

Apa itu Non Farm Payrolls

Pelaku pasar keuangan juga dipengaruhi oleh data NFP dimana Sektor-sektor yang dicakup oleh data Non-Farm Payroll menyumbang sekitar 80% dari Gross Domestic Product (GDP) Amerika Serikat. Dengan demikian, laporan NFP berguna bagi pemerintah AS untuk menilai kondisi ekonomi saat ini, membuat kebijakan ekonomi, dan dapat dipakai sebagai acuan untuk memprediksi aktivitas ekonomi di masa mendatang.

Banyak trader yang memasuki market pada saat NFP untuk meraup profit yang cukup besar dan cepat, tetapi ada juga trader yang lebih memilih untuk tidak masuk market dan hanya wait and see lalu menunggu market stabil kembali. Tidak ada yang salah apakah mau trading di saat NFP atau memilih untuk menunggu, yang terpenting adalah trading dengan bijak dan selalu memperhatikan manajemen resiko.

Referensi: www.dasarforex.com


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *