fbpx

Dunia Ekonomi Kekurangan Pekerja, Sedangkan Banyak Pengangguran

Dolar AS telah menikmati permintaan yang kuat beberapa minggu terakhir, seiring meredanya kekhawatiran geopolitik dan data ekonomi makro yang solid menghidupkan kembali harapan untuk kenaikan suku bunga keempat tahun ini. Memang, inflasi telah bergerak menuju target bank sentral 2,0% pada kecepatan yang lebih kuat tahun ini. Fed, bagaimanapun, telah mengejutkan banyak, pada Rabu ini dengan memperkenalkan konsep inflasi “simetris”. “Inflasi pada basis 12 bulan diperkirakan akan berjalan” menurut pernyataan FOMC.

Federal Reserve AS mendasarkan keputusannya pada dua hal yaitu, inflasi dan ketenagakerjaan. Ketenagakerjaan telah lama meninggalkan masalah bagi Fed, tetapi laporan bulanan terus diawasi secara ketat, salah satu hal yang dilaporkan yaitu pertumbuhan upah, yang terkait dengan tekanan inflasi. Perekonomian AS diperkirakan telah menambahkan 194 ribu pekerjaan baru pada bulan April, peningkatan yang bagus dibandingkan 103K sebelumnya. Sedangkan tingkat pengangguran diperkirakan telah turun menjadi 4,0% dari sebelumnya 4,1%, tetapi Penghasilan Per Jam Rata-rata yang kritis terlihat stabil pada 2,7% YoY. Untuk bulan ini, pertumbuhan gaji terlihat naik 0,2%, di bawah 0,3% sebelumnya.

Baca Juga Tentang Swing Trading

Data yang sudah dirilis menunjukkan bahwa sektor swasta menambahkan 204 ribu pekerjaan baru pada bulan April, lebih baik dari 200K yang diharapkan, sedangkan laporan klaim pengangguran mingguan menunjukkan bahwa rata-rata pergerakan 4 minggu adalah 221.500 , penurunan 7,750 dari rata-rata direvisi pekan sebelumnya dari 229.250. Ini adalah level terendah untuk rata-rata ini sejak 3 Maret 1973, ketika itu 221.250.

Dunia Ekonomi Kekurangan Pekerja

Dunia Ekonomi Kekurangan Pekerja

Tingkat pengangguran menurun, Dunia Ekonomi Kekurangan Pekerja.

Data yang sudah dirilis menunjukkan bahwa tingkat pengangguran sudah turun menjadi 4,0% dari 4,1%, yang memiliki arti bahwa sejumlah besar warga AS yang memenuhi syarat sebagai seorang pekerja telah berhenti mencari pekerjaan tetapi tidak dianggap sebagai pengangguran. Beberapa analis merasa bahwa para pekerja yang putus asa ini harus segera kembali ke pasar pekerjaan mengingat tingkat pengangguran yang rendah dan bahwa hal ini harus ditangani untuk menjaga batas pertumbuhan upah yang mampu mengurangi dari inflasi.
Tetapi yang lain berpendapat bahwa para pekerja ini mungkin tidak pernah kembali ke pasar tenaga kerja karena mereka tidak memiliki keterampilan yang dibutuhkan oleh banyak bisnis modern.

Baca Juga Tentang Perempuan Jangan Kalah Trading

Dan menurut survei NFIB tentang usaha kecil, kualitas tenaga kerja telah melampaui permasalahan pajak dan peraturan untuk menjadi satu permasalahan terbesar. Hal ini dikutip oleh perusahaan kecil – pertama kalinya dalam catatan. Dalam survei yang sama, 35% dari usaha kecil mengatakan mereka memiliki setidaknya satu posisi yang tidak dapat mereka isi sama sekali, proporsi tertinggi sejak tahun 2000.

Baca Juga Tentang Line Meluncurkan Cryptocurrency

Hal ini menjadi bukti bahwa inflasi meningkat, memberikan Fed alasan untuk mempercepat pengetatan moneter yang diusulkan. Bank sentral telah mencatat bahwa inflasi sedang meningkat. Dalam pernyataan Fed Rabu, FOMC mempersiapkan investor untuk mengharapkan inflasi untuk mendorong di atas target 2% – tidak mengejutkan karena Core PCE (ukuran inflasi yang disukai Fed) sekarang berada pada 1,9%. Tetapi FOMC juga muncul untuk kembali pada prospek pertumbuhannya, menimbulkan kekhawatiran bahwa AS mungkin menuju periode ‘stagflasi’.

Sumber : Author

Dapatkan Lebih Banyak Artikel disini


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *